Cookie Consent
Kami menyajikan cookie di situs ini untuk menganalisis lalu lintas, mengingat preferensi Anda, dan mengoptimalkan pengalaman Anda.
Oops!
Sepertinya ada yang salah dengan koneksi internet Anda. Silakan sambungkan ke internet dan mulai menjelajah lagi.
AdBlock Detected!
Kami mendeteksi bahwa Anda menggunakan plugin pemblokiran iklan di browser Anda.
Pendapatan yang kami peroleh dari iklan digunakan untuk mengelola situs web ini, kami meminta Anda untuk memasukkan situs web kami ke dalam daftar putih di plugin pemblokiran iklan Anda.
Bergabunglah di Grup WhatsApp PTS, ikuti Program Tadarus setiap periode 15 hari Gabung

Daftar Nabi Penerima Kitab Serta Nabi Yang Menerima Suhuf

Nama 4 Nabi Dan Nama Kitab Yang Diturunkan Kepadanya Serta Nabi Yang Menerima Suhuf
Nama 4 Nabi Dan Nama Kitab Yang Diturunkan Kepadanya Serta Nabi Yang Menerima Suhuf


Mengetahui serta mempercayai Kitab-Kitab Allah merupakan Rukun Iman yang ke-3 setelah Iman kepada Rasul-Rasul Allah, berikut ini adalah nama Nabi yang menerima Kitab Allah serta nama Kitabnya, serta ditujukan kepada siapa isi dari Kitab-Kitab tersebut.

Nabi Musa as menerima kitab Taurat (Bahasa Ibrani)

Kitab Taurat diwahyukan oleh Allah swt kepada Nabi Musa as di Bukit Tursina (Mesir) sekitar abad ke 12 sebelum Masehi. Kitab taurat memiliki ajaran pokok tentang akidah (tauhid) dan hukum-hukum syariat. Kitab ini diturunkan sebagai pedoman hidup bagi bani Israil. Bahasa yang digunakan daam kitab Taurat adalah bahasa Ibrani. Seperti firman Allah swt dalam Quran Surat Al-Maidah ayat 44 yang artinya :

Nabi Musa as menerima kitab Taurat (Bahasa Ibrani)

Sesungguhnya Kami telah menurunkan Kitab Taurat di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), yang dengan Kitab itu diputuskan perkara orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang menyerah diri kepada Allah, oleh orang-orang alim mereka dan pendeta-pendeta mereka, disebabkan mereka diperintahkan memelihara kitab-kitab Allah dan mereka menjadi saksi terhadapnya... (QS. Al-Maidah : 44)

Dalam arti penggalan ayat 44 Surat Al-Maidah diatas dijelaskan bahwa Allah swt telah menurunkan (mewahyukan) kitab Taurat kepada Nabi Musa as, sebagai petunjuk dan cahaya yang menerangi bagi bani Israil (Yahudi). Dengan kitab itu juga digunakan untuk memutuskan suatu perkara/permasalahan orang-orang Yahudi oleh nabi-nabi yang berserah diri kepada Allah swt, dan seterusnya.

Nabi Daud as menerima Kitab Zabur

Kitab zabur diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Daud a.s. Kitab Zabur ini turun sekitar abad ke 10 sebelum Masehi di daerah Yerusalem (Israel). Kitab Zabur ini berisi ajaran pokok tentang zikir, nasihat, dan hikmah, tidak memuat hukum-hukum syariat. Kitab zabur merupakan petunjuk bagi umat Nabi Daud a.s. agar bertauhid atau mengesakan Allah swt (hanya menyembah Allah swt).

Nabi Daud as menerima kitab Zabur

Dan Tuhanmu lebih mengetahui siapa yang (ada) di langit dan di bumi. Dan sesungguhnya telah Kami lebihkan sebagian nabi-nabi itu atas sebagian (yang lain), dan kami berikan Zabur (kepada) Daud. (QS. Al-Israa’ : 55)

Nabi Isa as menerima Kitab Injil (Bahasa Suryani)

Kitab Injil diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Isa a.s, sekita abad pertama masehi didaerah Yarusalem (israel). Bahasa yang digunakan dalam kitab Injil adalah Bahasa Suryani. Kitab Injil berisi ajaran pokok yang hampir sama dengan kitab-kitab sebelumnya, akan etapi sebagian menghapus hukum-hukum yang terrtera dalam Kitab Taurat yang tidak sesuai pada zaman itu sehingga kitaab Injil yang aslitidak diketahui keberadaanya.

Nabi Isa as menerima Kitab Injil (Bahasa Suryani)

Dan Kami iringkan jejak mereka (nabi-nabi Bani Israel) dengan Isa putra Maryam, membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu: Taurat. Dan Kami telah memberikan kepadanya Kitab Injil sedang di dalamnya (ada) petunjuk dan cahaya (yang menerangi), dan membenarkan kitab yang sebelumnya, yaitu Kitab Taurat. Dan menjadi petunjuk serta pengajaran untuk orang-orang yang bertakwa. (QS. AL-Maidah : 46)

Nabi Muhammad SAW menerima Kitab Al-Qur'an (Bahasa Arab)

Al-Qur'an adalah kitab suci terlengkap dan abadi sepanjang masa karena Allah swt yang akan menjaganya. Al-Qur'an diturunkan oleh Allah swt kepada Nabi Muhammad SAW yang merupakan Nabi terakhir. Bahasa yang digunakan dalam Al-Qur'an adalah Bahasa Arab. Al-Qur'an ini merupakan pedoman dan petunjuk bagi seluruh umat manusia sampai hari kiamat nanti supaya dapat menjalankan kehidupan di dunia ini dan mendapatkan kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Oleh karena itu sebagai muslim kita harus membaca, memahami dan mengamalkan ayat-ayat dalam Al-Qur'an. Kita juga tidak boleh ragu terhadap Al-Qur'an karena Allah swt berfirman dalam Q.S. Al-Baqarah ayat 2 :

Nabi Muhammad SAW menerima Kitab Al-Qur'an (Bahasa Arab)

Kitab (Al Qur'an) ini tidak ada keraguan padanya; petunjuk bagi mereka yang bertakwa. (QS. AL-Baqarah : 2)

Nabi yang Menerima Suhuf

Selain empat kita tersebut (Taurat, Zabur, Injil dan Al-Qur'an), Allah swt juga telah menurunkan suhuf. Suhuf ini berasal dari kata sahifah, yang artinya lembaran wahyu Allah swt. Suhuf yang diturunkan Allah swt kepada para nabi ada 100 suhuf. Di antara nabi-nabi yang menerima suhuf adalah sebagai berikut :
  1. Nabi Syis a.s menerima sebanya 50 suhuf
  2. Nabi Idris a.s. menerima sebanyak 30 suhuf
  3. Nabi Ibrahim a.s menerima sebanya 10 suhuf
  4. Nabi Musa a.s. menerima sebanya 100 suhuf
Dari para nabi penerima suhuf tersebut, Nabi Musa a.s menerima suhuf dan juga menerima kitab Taurat. Dan suhuf itu disatukan ke dalam kitab Taurat.

Terima kasih telah membaca artikel kami yang berjudul: Daftar Nabi Penerima Kitab Serta Nabi Yang Menerima Suhuf, jangan lupa ikuti website kami dan silahkan bagikan artikel ini jika menurut Anda bermanfaat.

Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utama…

Posting Komentar

Pergunakanlah kecerdasan anda saat berkomentar, dan tinggalkan komentar sesuai topik tulisan, menuliskan link aktif yang tidak sesuai topik yang kami posting akan langsung kami hapus atau kami anggap sebagai spam.
Masukkan URL Gambar atau URL Video YouTube atau Potongan Kode , atau Quote , lalu klik tombol yang kamu inginkan untuk di-parse. Salin hasil parse lalu paste ke kolom komentar.


image video quote pre code