Selamat datang dan terima kasih telah mengunjungi website kami. MUQODDIMAH

Ibnu Saad Penulis Kitab Ath-Thabaqat al-Kabir

Ibnu Sa'ad Penulis Kitab Ath-Thabaqat al-Kabir
Ibnu Sa'ad Penulis Kitab Ath-Thabaqat al-Kabir

Ibnu Sa'ad (meninggal tahun 320 H) atau (168H / 784M — 230H / 845M) memiliki nama lengkap Abu Abdullah Muhammad bin Sa'ad merupakan salah seorang sejarawan Islam awal penulis kitab Ath-Thabaqat al-Kabir. Abū 'Abd Allāh Muḥammad ibn Sa'd ibn Manī' al-Baṣrī al-Hāshimī kātib al-Wāqidī atau hanya Ibn Sa'd ( Bahasa Arab : ابن سعد ) dan dijuluki "Ahli tulis Waqidi" ( Katib al-Waqidi) ), adalah seorang sarjana dan penulis biografi Arab. Ibn Sa'd lahir pada 784 M (168 H) dan meninggal pada 845 M (230 H). Ibn Sa'd berasal dari Basra, tetapi sebagian besar tinggal di Baghdad, karenanya nisba al-Basri dan al-Baghdadi. Dia dikatakan telah meninggal pada usia 62 di Baghdad dan dimakamkan di pemakaman gerbang Suriah. Ibn Sa'd juga seorang pendukung doktrin Muʿtazila tentang Alquran yang diciptakan dan mendukung sikap raja Al-Ma'mun tentang masalah ini.

Kitab Kelas Utama (Bahasa Arab: Kitab Tabaqat Al-Kubra) adalah ringkasan informasi biografi tentang tokoh - tokoh Islam yang terkenal. Karya delapan jilid ini berisi kehidupan Muhammad, para Sahabat dan Penolongnya , termasuk mereka yang berperang di Pertempuran Badr sebagai kelas khusus, dan dari generasi berikutnya, Pengikut, yang menerima tradisi mereka dari para Sahabat. Kepenulisan Ibn Sa'd atas karya ini dibuktikan dalam naskah tambahan untuk buku yang ditambahkan oleh penulis kemudian. Dalam pemberitahuan ini ia digambarkan sebagai "klien al-Husain bin Abdullah dari keluarga Abbasiyah ".

Isi

Buku 1 dan 2 berisi biografi ( sirah ) Muhammad .
Buku 3 dan 4 berisi biografi sahabat Muhammad.
Buku 5, 6 dan 7 berisi biografi cendekiawan Islam kemudian.
Buku 8 berisi biografi wanita Islam.

Edisi yang diterbitkan

Arab

Karya ini diedit antara 1904 dan 1921 oleh Eduard Sachau ( Leiden , 1904 sqq.); lih. O. Loth , Das Classenbuch des Ibn Sad ( Leipzig , 1869).
Pada tahun 1968, Iḥsān Abbās menyuntingnya (Beirut: Dār Sādir).
'Al Mu Mu'ammad' Umar, red. (2001). Kitab al-ṭabaqāt al-kabīr . Kairo: Maktabat al-Khānjī. Berisi 11 volume.

Bahasa Inggris

Volume 1 dan 2 (edisi Sachau) diterjemahkan masing-masing pada tahun 1967 dan 1972, oleh S. Moninul Haq,
Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utam…

Posting Komentar