Selamat datang dan terima kasih telah mengunjungi website kami. MUQODDIMAH

Imam Asy-Syathibi Ahlusunah Mazhab Maliki

Imam Asy-Syathibi Ahlusunah Mazhab Maliki
Asy-Syathibi - Ahlussunnah Mazhab Maliki

Abu Ishaq asy-Syathibi (Arab: أبو اسحاق الشاطبي; w.790 H/1388 M) adalah imam ahlussunnah dari mazhab Maliki yang hidup pada masa Spanyol Islam. Nama lengkapnya adalah Abu Ishaq Ibrahim bin Musa bin Muhammad Al-Lakhmi Asy-Syathibi. Tempat dan tanggal lahirnya tidak diketahui, ia wafat pada hari Selasa, 8 Sya’ban 790 H di Granada. Ia berasal dari kota Xativa yang kemudian ia dikenal dengan julukan Imam Syathibi (Imam dari Xativa). Sedangkan keluarganya merupakan migran keturunan bangsa Arab-Yaman dari Banu Lakhm yang berasal dari Betlehem, Asy-Syam. Ia tinggal di Granada yang waktu itu merupakan sebuah kerajaan Islam yang berada di bawah pemerintahan Daulah Umawiyah yang mengikuti aturan-aturan Andalusia Selatan. Di antara karya-karya tulisnya yang dikenal adalah:

Al-Muwafaqat, yang aslinya berjudul Unwan At-Ta'rif bi Ushul At-Taklif sebuah kitab tentang ilmu ushul fikih yang menerangkan tentang hikmah-hikmah di balik hukum taklif.
Al-I’tisham, kitab manhaj yang menerangkan tentang bid’ah dan seluk beluknya.
Al-Maqashid al-Syafiyah fi Syarhi Khulashoh al-Kafiyah, kitab bahasa tentang Ilmu nahwu yang merupakan syarah dari Alfiyah Ibnu Malik.
Al-Majalis, kitab fikih yang merupakan syarah dari Kitabul Buyu’ (Kitab Dagang) yang terdapat dalam Shahih al-Bukhari.
Unwan al-Ittifaq fi ‘ilm al-isytiqaq, kitab bahasa tentang Ilmu sharf dan Fiqh Lughah.
Ushul al-Nahw, kitab bahasa yang membahas tentang Qawaid Lughah dalam Ilmu sharf dan Ilmu nahwu
Al-Ifadat wa al-Insyadat.
Pengalaman adalah Guru Terbaik. Oleh sebab itu, kita pasti bisa kalau kita terbiasa. Bukan karena kita luar biasa. Setinggi apa belajar kita, tidahlah menjadi jaminan kepuasan jiwa, yang paling utam…

Posting Komentar