Hadis tentang Menyembah Allah

elzeno
elzeno

Sebagai seorang hamba dan makhluk sudah seharusnya kita harus menyembah Allah SWT. Sebab Allah yang menciptakan segala dunia ini dan isinya. Perintah menyembah Allah pun secara tegas ditulis dalam Al-qur’an. Selain itu terdapat banyak Hadis tentang Menyembah Allah sebagai penegas baahwa Allah adalah satu-satunya dzat yang patut disembah.

Pemaknaan menyembah haruslah dalam hal menyembah Allah dalam roh dan kebenaran. Maksudnya, sesorang hamba harus yakin dalam lahir dan batin, hanyak Allah tuhan yang maha esa. Tiada suatu apapun yang menyekutukannya.

Berikut ini Hadis tentang Menyembah Allah dari Dari Abdullah bin Amru radhiyallahu'anhuma

Hadis tentang Menyembah Allah


Artinya: Dari Abdullah bin Amru radhiyallahu'anhuma, ia berkata : " Rasulullah bersabda: " sembahlah Ar- Rahman (Yang Maha Pengasih), berilah makan, dan sebarkanlah salam, maka kamu akan masuk surga dengan selamat ".

Berdasarkan Kitab Jami' At- Tirmidzi hadias nomor 1855, Imam At-Tirmidzi berkata tentang hadis ini : hadis ini hasan shahih. dan Al-'Allamah Muhammad Nashiruddin Al-Albany juga berkata tentang hadis ini: hadits ini shahih).

Perawi Hadis tentang Menyembah Allah:

Abdullah bin Amru bin Al'Ash Al-Qurasyi As-Sahmi. Seorang sahabat yang terkenal. Masuk Islam sebelum bapaknya Amru bin Al-'Ash. Ia memiliki 700 hadits dalam kitab-kitab hadits. Ia juga sempat berperang bersama Rasulullah, sebagaimana ia dikenal sebagai ahli kebijakan politik dan manajemen kerja. Mu'awiyah pernah mengangkatnya sebagai wali kota Kufah beberapa lama.

Ia juga menyampaikan hadis Rasulullah dan menyampaikan fatwa di Jami' Al-Fasthath ( Masjid Amru bin Al'Ash) di Mesir. Dan banyak orang yang mengambil ilmu darinya , baik yang berasal dari Mesir, Syam maupun Hijaz. Abdullah bin Amru bin Al'Ash ? meninggal di Mesir pada tahun 65 H, dan di makamkan di rumahnya. Ada pula riwayat yang mengatakan ia meninggal di Syam, ada pula yang mengatakan meninggal di Mekkah.

Beberapa faedah hadits Hadis tentang Menyembah Allah adalah :

1. Jalan ke surga yaitu beribadah kepada Allah semata, tidak mempersekutukan-Nya, dan berbuat baik kepada manusia.

2. Hadits ini menyuruh agar menjadikan Allah semata sebagai tujuan ibadah, juga memberikan anjuran agarmemberi orang yang membutuhkan.

3. Menyebarkan Islam adalah salah satu faktor untuk mempererat hubungan kasih sayang sosial antar anggota masyarakat Islam.

Marilah kita sebagai seorang hamba, selalu menyembah kepada Allah, memberi makan kepada mereka yang membutuhkan serta selalu menyebarkan salam. Supaya kita termasuk golongan orang-orang yang selamat dan dimasukkan ke dalam surganya. Amiin

Sumber: 70 Hadis Pilihan

Komentar : Hadis tentang Menyembah Allah